Daftar Kumpulan Menu Resep Makanan, Kue Lebaran, Menu Buka Puasa, Kue Kering, Kue Basah, Minuman, Es, Jus, Jajanan,Kumpulan Resep Masakan Terbaru yang Sehat,

Resep Es Kacang Merah - Membuat Es Kacang Merah Nan Legit Segar Lezatnya

· · 0 comments

Membuat Es Kacang Merah Nan Legit, Resep es kacang merah memang tak terdengar asing di telinga kita, terutama penggemar olahan es segar dan lezat. Es kacang merah - Jangan masukan gula ke rebusan kacang sebelum benar-benar empuk supaya kacang merah cepat mekar.

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) sebagaimana jenis kacang lainnya kaya akan pati, protein dan serat makanan, selain itu juga merupakan sumber zat besi, potassium, selenium, molybdenum, thiamine, vit B6, dan asam folat yang sempurna. Umumnya kacang merah disimpan dalam kondisi kering, namun semakin lama penyimpanannya maka kadar nutrisinya pun akan semakin berkurang.

Selain itu kondisi kacang yang kering akan memperlama proses memasak walaupun telah di rendam dalam air selama semalam. Penambahan gula, garam dan bahan yang berasa asam seperti tomat akan memperlama proses pengempukan kacang merah. Karena itu saat mengolahnya sebaiknya rebus kacang dalam air mendidih tanpa tambahan bahan apapun hingga kacang benar-benar empuk sebelum kemudian digunakan ke dalam aneka masakan.

Es Kacang Merah Nan Legit



Menurut saya, es kacang merah dinyatakan lezat jika kacang yang digunakan empuk, legit dan manis, sementara kuahnya kental kecoklatan. Karena itu jika anda menggunakan kacang merah kering pastikan untuk merebusnya hingga benar-benar empuk. Nah, untuk membuat kuahnya terlihat kecoklatan dan menarik maka saya menambahkan satu sendok makan coklat bubuk ke dalamnya.  Tertarik untuk mencoba? Berikut resepnya ya.


 Es Kacang Merah

Untuk 5 porsi

Bahan:
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk- 200 gram kacang merah kering
  • 1 liter air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan gula merah, sisir
  • 1 sendok makan coklat bubuk, cairkan dengan 100 ml air sebelum dimasukkan ke dalam rebusan kacang

Kuah:

  • 300 ml santan kental, saya menggantinya dengan susu cair
  • 1 sendok makan tepung maizena

Pelengkap:
  1. Es batu
  2. Susu kental manis

Cara membuat:
  1. 1 hari sebelumnya...
  2.  Rendam kacang merah dalam air hingga semua bagian kacang terendam, biarkan semalaman hingga kacang mengembang dan empuk. Didihkan 2 liter air di panci, masukkan kacang dan rebus hingga kacang benar-benar empuk.
  3. Jika kacang telah empuk, masukkan gula, garam, vanili, coklat bubuk, dan masak hingga gula meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sisihkan.
  4. Note: pastikan kacang empuk sebelum dimasukkan gula dan garam. Kacang tidak akan bisa empuk jika saat perebusan awal telah memasukkan gula dan garam.

Membuat kuah:
  1.  Masukkan santan/susu cair dalam panci, larutkan tepung maizena dengan santan/susu cair hingga larut kemudian masukkan ke dalam santan/susu. Hidupkan kompor dan masak hingga santan mendidih dan kental, aduk-aduk selama santan dimasak agar tidak pecah. Angkat.
Cara penyajian:
  1. Siapkan mangkuk saji, masukkan beberapa sendok kacang merah beserta saus coklat rebusannya, tuangkan kuahnya dan tambahkan es batu serut diatasnya. Siram dengan susu kental manis. Es kacang merah siap disantap

0 comments:

Post a Comment